|
Silabus Perkuliahan
Mata Kuliah : Perilaku
Organisasi
Beban Kredit : 3 SKS
Dosen Pengampu : Novi Catur Muspita, S. Pd., M. Si
A. PENGANTAR
Organisasi
merupakan rangkaian dari berbagai komponen yang membentuk kesatuan, tidak terkecuali menempatkan
manusia sebagai subyek yang menggerakkan dan menghidupkan dinamika organisasi.
Organisasi dibentuk dengan misi
dan visi, sehingga keberadaannya tentu bertujuan mencapai misi dan visi yang
dimaksud tersebut. Dalam dinamikanya, tidak jarang organisasi menemukan
berbagai persoalan yang kerap kita tangkap secara kasaat mata maupun tidak.
Mata kuliah perilaku organisasi merupakan sebuah mata kuliah yang berusaha
untuk mengkaji sejumlah dimensi organisasi sehingga memberikan pengetahuan bagi
kita dalam menelaah dinamika-dinamika yang terbentuk dalam roda perjalanan
kehidupan organisasi.
Berbeda dengan
mata kuliah organisasi dan manajemen yang lebih banyak melihat ataupun
menekankan kajian atas proses-proses manajemen yang dikolaborasikan dengan
pemahaman atas organisasi, maka pada perkuliahan perilaku organisasi, kita akan
banyak menemukan kontribusi sisi psikologis dengan obyek kajian berupa individu
yang dikombinasikan dengan pemahaman organisasi untuk menelaah dinamika
organisasi maupun permasalahan organisasi.
Pada perkuliahan ini kita akan membahas individu
dan kelompok terkait perilakunya, budaya, persepsi, komunikasi, motivasi,
kepemimpinan, dinamika kelompok, konflik dan manajemennya, sampai kepada
evaluasi dan pengembangan organisasi. Pada akhirnya, melalui proses perkuliahan
ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki misi dan visi dalam mengelola sebuah
organisasi, mengatur dan mengarahkan sumberdaya manusia yang dimiliki
organisasi, menelaah serta menganalisa permasalahan organisasi yang berkaitan
dengan SDM, dan pada akhirnya mampu mengevaluasi serta mengembangkan organisasi
menuju tingkatan yang lebih baik.
B.
TUJUAN PERKULIAHAN
Proses perkuliahan perilaku
organisasi memiliki sejumlah tujuan umum yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
No.
|
Tujuan
|
Keterangan
|
1.
|
Pengetahuan & Pemahaman.
|
a. Mahasiswa
mengetahui pengertian dari organisasi, perilaku organisasi, dan sejumlah
konsep lain yang bersinggungan dengan perilaku organisasi.
b. Memahami
dan mampu menjelaskan rangkaian alur
pembahasan tentang perilaku organisasi mulai dari pemahaman atas perilaku
sampai kepada evaluasi dan pengembangan organisasi.
c. Mahasiswa
dapat menjelaskan kedudukan pembahasan perilaku, budaya, kepemimpinan,
motivasi, komunikasi, dinamika kelompok, dan konflik dalam pembahasan
perilaku organisasi.
|
2.
|
Kemampuan Intelektual dan Analisa.
|
a. Mahasiswa
mampu menjelaskan berbagai tema pembelajaran perilaku organisasi, baik dari
dimensi teoritis maupun praktis.
b. Mahasiswa
mampu menganalisa keterkaitan antara individu dan organisasi didalam kajian
perilaku organisasi
c. Mahasiswa
mampu memahami dan menganalisa dinamika-dinamika perilaku organisasi maupun
dinamika organisasi untuk melihat keterkaitan teori dan fakta lapangan.
|
3.
|
Kemampuan Praktek atau Implementasi.
|
a. Mahasiswa
mampu untuk mengidentifikasi praktek-praktek organisasi yang ada disekitarnya
untuk selanjutnya menelaah fenomena tersebut secara kritis.
b. Mahasiswa mampu
untuk menunjukkan serta berusaha menjelaskan dimensi teoritis dan praktek
dari sebuah perilaku organisasi di lapangan dengan sejumlah contoh konkret.
c. Mahasiswa
mampu mentransformasikan pengetahuan atas perilaku organisasi dan rangkaian
pembahasannya yang telah dipelajari ke dalam berbagai tindakan konkret yang
bermanfaat di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
C.
METODE PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan untuk mata kuliah metode
penelitian sosial akan dilaksanakan dengan sejumlah metode pembelajaran dengan
menggunakan semaksimal mungkin media yang ada, termasuk pengerjaan tugas-tugas
oleh para mahasiswa.
Metode pembelajaran dilaksanakan
melalui konsep lecturing, yaitu dosen
menjelaskan materi perkuliahan kepada mahasiswa, maupun melalui konsep yang
lebih interaktif dengan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses
perkuliahan melalui bentuk-bentuk kuis (latihan), presentasi maupun diskusi.
D.
EVALUASI DAN STANDAR PENILAIAN
Komponen dan
persentase penilaian dari kuliah ini adalah sebagai berikut:
Komponen Penilaian
|
Waktu |
Persentase
(dalam estimasi)
|
Kehadiran dan Partisipasi Kelas
|
Jadwal STISIPOL
|
15% + 5%
|
Kuis
(2x)
|
Sebelum dan Setelah UTS
|
10%
|
Tugas (kelompok) dan presentasi
|
Sebelum dan Setelah UTS
|
10%
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
Jadwal STISIPOL
|
25%
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
Jadwal STISIPOL
|
35%
|
JUMLAH
|
100 %
|
1.
Kehadiran dan Partisipasi
Adalah kewajiban dan hak setiap mahasiswa
untuk hadir dalam suatu kuliah. Oleh karena itu, dengan mengingat bahwa tujuan
perkuliahan hanya akan tercapai jika mahasiswa dan dosen aktif dalam proses
perkuliahan tersebut, maka dosen pengasuh mata kuliah ini sangat menganjurkan
agar setiap mahasiswa aktif mengikuti perkuliahan. Dengan hadir di kelas
maka setiap mahasiswa akan mempunyai kesempatan untuk berdiskusi dengan
teman-teman maupun pengasuh mata kuliah ini. Bobot penilaian dalam hal ini
tidak hanya ditentukan oleh “kehadiran” di dalam kelas, tetapi lebih pada
keaktifan partisipasi dalam diskusi kelas yang diwujudkan dalam bentuk
pertanyaan, komentar, tanggapan ataupun jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan
diskusi selama kuliah berlangsung.
Mahasiswa
yang tidak dapat mengikuti proses perkuliahan sebagaimana yang telah
dijadwalkan sebelumnya, wajib memberikan surat keterangan resmi perihal
penyebab ketidakhidarannya dalam kegiatan perkuliahan tersebut. Sebaliknya,
jika karena sesuatu hal yang sangat penting dosen mata kuliah ini tidak dapat
mengisi kuliah, para mahasiswa akan diberitahu sebelumnya dan akan diupayakan
penggantian kuliah pada waktu lain.
2.
Tugas dan Kuis
Setiap mahasiswa wajib
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh pengasuh mata kuliah ini.
Tugas-tugas ini akan berfungsi untuk mendemonstrasikan penguasaan materi
kuliah, melatih kemampuan riset, melatih cara-cara mengidentifikasi dan
memanfaatkan sumber-sumber informasi baru, serta melatih ketajaman dan
kejelasan analisa dalam upaya menjawab pertanyaan ataupun persoalan yang
dihadapi.
Penugasan yang diberikan
bersifat dapat bersifat individual maupun kolektif/kelompok. Disamping
penugasan, terdapat sistem penilaian berupa pelaksanaan kuis, yaitu kewajiban
mahasiswa untuk menjawab secara tertulis sejumlah pertanyaan yang diajukan
dosen. Kuis diberikan secara berkala dengan frekuensi sekali dalam jangka waktu
sekitar 3-5 pertemuan.
3.
Ujian Sisipan/Ujian Akhir
Ini adalah sistem penilaian standar yang
diterapkan pada hampir setiap mata kuliah. Untuk mendapatkan nilai akhir,
mahasiswa wajib mengikuti ujian sisipan (atau mengerjakan tugas pengganti jika
tidak ada ujian sisipan) dan ujian akhir (atau mengerjakan tugas pengganti)
tepat pada waktu yang sudah dijadwalkan.
Bagi mahasiswa berhalangan ketika waktu ujian
dilaksanakan, wajib memberikan pemberitahuan sebelum kegiatan ujian berlangsung
selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum ujian, jika tidak, maka ketidakhadiran
dalam ujian tidak akan diberikan ujian susulan/tugas penganti. Mahasiswa yang
berhak mengikuti ujian adalah mahasiswa yang menyelesaikan administrasi
kelembagaan dan memiliki presentase kehadiran tidak kurang dari 70%.
4. Kriteria Penilaian
Ranking
nilai untuk makalah dan ujian adalah sebagai berikut:
Nilai
|
Rentang Penilaian
|
Keterangan Nilai
|
A
|
80 - 100
|
Sangat Baik
|
B
|
70 - 79.99
|
Baik
|
C
|
60 - 69.99
|
Cukup
|
D
|
50 - 49.99
|
Kurang
|
E
|
0 - 49.99
|
Sangat Kurang
|
E. PERATURAN KELAS
- Toleransi waktu bagi keterlambatan adalah 30 menit. Keterlambatan diatas 30 menit tanpa didahului pemberitahuan dari mahasiswa yang bersangkutan, tetap diperbolehkan mengikuti perkuliahan akantetapi tidak dihitung sebagai kehadiran.
- Tidak diperkenankan mengikuti UAS apabila persentase kehadiran di kelas tidak mencapai batas minimal, yaitu 70%.
- Berpakaian bebas pantas, tidak menggunakan kaos oblong dan sandal jepit.
- Tidak merokok dan atau makan di dalam kelas sewaktu perkuliahan berlangsung.
- Kecurangan dalam bentuk apapun (mencontek, menjiplak karya, bekerjasama sewaktu ujian/kuis) akan diberikan sanksi berupa diskualifikasi dari ujian/kuis tersebut.
F. TUGAS
1. Tugas ada tugas individu dan
tugas kelompok. Setiap tugas diketik di dokument dan power point serta
dikirimkan ke Email unisba_novi@yahoo.com.
2. Setiap mahasiswa
wajib membaca literatur wajib dari mata kuliah ini serta memperkaya pemahaman
atas kajian perilaku organisasi dengan bacaan tambahan maupun menyimak perkembangan
keilmuan terkini melalui berbagai media.
G. MATERI DAN POKOK BAHASAN DALAM KULIAH
Minggu
|
Topik
|
Pokok Bahasan
|
I
|
Orientasi perkuliahan
|
a) Penjelasan Silabus
b) Aturan perkuliahan
c) Kontrak belajar
d) Literatur perkuliahan
e) Tehnik penilaian.
|
II
|
Pengantar dan latar belakang
|
a)
Pengertian perilaku organisasi
b)
Latar belakang sejarah
|
III
|
Pengertian dan unsur organisasi
|
a)
Pengertian organisasi
b)
Unsur-unsur organisasi
c)
Manusia sebagai faktor organisasi
|
IV
|
Teori, bentuk, dan struktur organisasi
|
a) Teori-teori
tentang organisasi
b) Bentuk-bentuk
organisasi
c) Struktur
organisasi
d) Bagan
organisasi
e) Macam-macam
bagan organisasi
|
V
|
Karakteristik dan prilaku manusia
|
a)
Teori pembentukan kepribadian
b)
Proses pembentukan sikap dan perilaku manusia
c)
Hubungan peranan dan perilaku
|
VI
|
Perilaku individu dan kelompok dalam organisasi
|
a) Mencoba
memahami sifat-sifat manusia
b) Beberapa
hampiran untuk memahami perilaku
c) Susunan
kepribadian
d) Teori-teori
pembentuk kelompok
e) Bentuk-bentuk
kelompok
f) Dasar-dasar
daya tarik antar orang
|
VII
|
Persepsi dan komunikasi
|
a)
Persepsi
b)
Pemilihan persepsi
c)
Organisasi persepsi
d)
Persepsi sosial
e)
Komunikasi
|
UJIAN TENGAH SEMESTER (MID-TERM)
|
||
VIII
|
Komunikasi dan pembuatan keputusan
|
a)
Saluran dan proses komunikasi keorganisasian
b)
Komunikasi antar budaya
c)
Pola jaringan komunikasi dan efektifitas
d)
Pembuatan keputusan
|
IX
|
Motivasi
dalam organisasi
|
a) Pengertian motivasi
b)
Teori motivasi dan hierarki kebutuhan
c)
motivasi dan hubungannya dengan perilaku manusia dalam
organisasi
d)
Teori kepuasan dan penerapan
e)
Teori proses dan penerapan
f)
Imbalan, hukuman, dan disiplin
g)
Stess dan individu
|
X
|
Nilai sikap dan kepuasan kerja
|
a)
Pentingnya nilai
b)
Sumber sistem nilai
c)
Tipe nilai
d)
Sumber sikap
e)
Sikap dan konsistensi
f)
Mengukur kepuasan kerja
g)
Faktor penentu kepuasan kerja
h)
Kepuasan kerja dan kinerja karyawan
|
XI
|
Kepemimpinan dan kekuasaan
|
a)
Perbedaan manajemen dan leadership
b)
Penemuan-penemuan klasik tentang kepemimpinan
c)
Teori-teori kepemimpinan
d)
Tipologi/gaya kepemimpinan
e)
Kepemimpinan situasional
f)
Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas
kepemimpinan
g)
kekuasaan
|
XII
|
Budaya dan prilaku
|
a)
Pengertian budaya
b)
Hubungan budaya dengan perilaku
c)
Budaya organisasi dan kinerja
d)
Teori dan proses organisasi
|
XIII
|
Dinamika kelompok dan konflik
|
a)
Hubungan manusia dengan kelompoknya
b)
Definisi konflik
c)
Jenis konflik
d)
Metode pengelolaan konflik
|
XIV
|
Evaluasi prestasi kerja dan pengembangan organisasi
|
a)
Evaluasi prestasi dan motivasi
b)
Pengembangan perilaku
c)
Pengembangan keterampilan dan sikap
|
XV
|
Review akhir perkuliahan dan penutup
|
a)
Rangkaian alur pembelajaran
b)
Keterkaitan antar sub bahasan dan pokok-pokok
pembahasan.
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
No comments:
Post a Comment