Link Sukses

Banner 728x90 :

Sunday, 1 November 2015

SAP PERILAKU ORGANISASI




 
                  
        


Silabus Perkuliahan

Mata Kuliah            : Perilaku Organisasi
Beban Kredit          : 3 SKS
Dosen Pengampu  : Novi Catur Muspita, S. Pd., M. Si

A.    PENGANTAR

Organisasi merupakan rangkaian dari berbagai komponen yang membentuk kesatuan, tidak terkecuali menempatkan manusia sebagai subyek yang menggerakkan dan menghidupkan dinamika organisasi.
Organisasi dibentuk dengan misi dan visi, sehingga keberadaannya tentu bertujuan mencapai misi dan visi yang dimaksud tersebut. Dalam dinamikanya, tidak jarang organisasi menemukan berbagai persoalan yang kerap kita tangkap secara kasaat mata maupun tidak. Mata kuliah perilaku organisasi merupakan sebuah mata kuliah yang berusaha untuk mengkaji sejumlah dimensi organisasi sehingga memberikan pengetahuan bagi kita dalam menelaah dinamika-dinamika yang terbentuk dalam roda perjalanan kehidupan organisasi.
Berbeda dengan mata kuliah organisasi dan manajemen yang lebih banyak melihat ataupun menekankan kajian atas proses-proses manajemen yang dikolaborasikan dengan pemahaman atas organisasi, maka pada perkuliahan perilaku organisasi, kita akan banyak menemukan kontribusi sisi psikologis dengan obyek kajian berupa individu yang dikombinasikan dengan pemahaman organisasi untuk menelaah dinamika organisasi maupun permasalahan organisasi.
Pada perkuliahan ini kita akan membahas individu dan kelompok terkait perilakunya, budaya, persepsi, komunikasi, motivasi, kepemimpinan, dinamika kelompok, konflik dan manajemennya, sampai kepada evaluasi dan pengembangan organisasi. Pada akhirnya, melalui proses perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki misi dan visi dalam mengelola sebuah organisasi, mengatur dan mengarahkan sumberdaya manusia yang dimiliki organisasi, menelaah serta menganalisa permasalahan organisasi yang berkaitan dengan SDM, dan pada akhirnya mampu mengevaluasi serta mengembangkan organisasi menuju tingkatan yang lebih baik.
B.    TUJUAN PERKULIAHAN
Proses perkuliahan perilaku organisasi memiliki sejumlah tujuan umum yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
No.
Tujuan
Keterangan
1.
Pengetahuan & Pemahaman.
a.      Mahasiswa mengetahui pengertian dari organisasi, perilaku organisasi, dan sejumlah konsep lain yang bersinggungan dengan perilaku organisasi.
b.     Memahami dan  mampu menjelaskan rangkaian alur pembahasan tentang perilaku organisasi mulai dari pemahaman atas perilaku sampai kepada evaluasi dan pengembangan organisasi.
c.      Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan pembahasan perilaku, budaya, kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dinamika kelompok, dan konflik dalam pembahasan perilaku organisasi.
2.
Kemampuan Intelektual dan Analisa.
a.      Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai tema pembelajaran perilaku organisasi, baik dari dimensi teoritis maupun praktis.
b.     Mahasiswa mampu menganalisa keterkaitan antara individu dan organisasi didalam kajian perilaku organisasi
c.      Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa dinamika-dinamika perilaku organisasi maupun dinamika organisasi untuk melihat keterkaitan teori dan fakta lapangan.
3.
Kemampuan Praktek atau Implementasi.
a.      Mahasiswa mampu untuk mengidentifikasi praktek-praktek organisasi yang ada disekitarnya untuk selanjutnya menelaah fenomena tersebut secara kritis.
b.     Mahasiswa mampu untuk menunjukkan serta berusaha menjelaskan dimensi teoritis dan praktek dari sebuah perilaku organisasi di lapangan dengan sejumlah contoh konkret.
c.      Mahasiswa mampu mentransformasikan pengetahuan atas perilaku organisasi dan rangkaian pembahasannya yang telah dipelajari ke dalam berbagai tindakan konkret yang bermanfaat di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

C.    METODE PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan untuk mata kuliah metode penelitian sosial akan dilaksanakan dengan sejumlah metode pembelajaran dengan menggunakan semaksimal mungkin media yang ada, termasuk pengerjaan tugas-tugas oleh para mahasiswa.
Metode pembelajaran dilaksanakan melalui konsep lecturing, yaitu dosen menjelaskan materi perkuliahan kepada mahasiswa, maupun melalui konsep yang lebih interaktif dengan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses perkuliahan melalui bentuk-bentuk kuis (latihan), presentasi maupun diskusi.






D.    EVALUASI DAN STANDAR PENILAIAN
Komponen dan persentase penilaian dari kuliah ini adalah sebagai berikut:
Komponen Penilaian

Waktu

Persentase
(dalam estimasi)
Kehadiran dan Partisipasi Kelas
Jadwal STISIPOL
15% + 5%
Kuis  (2x)
Sebelum dan Setelah UTS
10%
Tugas (kelompok) dan presentasi
Sebelum dan Setelah UTS
10%
Ujian Tengah Semester (UTS)
Jadwal STISIPOL
25%
Ujian Akhir  Semester (UAS)
Jadwal STISIPOL
35%
JUMLAH

100 %

1.     Kehadiran dan Partisipasi
Adalah kewajiban dan hak setiap mahasiswa untuk hadir dalam suatu kuliah. Oleh karena itu, dengan mengingat bahwa tujuan perkuliahan hanya akan tercapai jika mahasiswa dan dosen aktif dalam proses perkuliahan tersebut, maka dosen pengasuh mata kuliah ini sangat menganjurkan agar setiap mahasiswa aktif mengikuti perkuliahan. Dengan hadir di kelas maka setiap mahasiswa akan mempunyai kesempatan untuk berdiskusi dengan teman-teman maupun pengasuh mata kuliah ini. Bobot penilaian dalam hal ini tidak hanya ditentukan oleh “kehadiran” di dalam kelas, tetapi lebih pada keaktifan partisipasi dalam diskusi kelas yang diwujudkan dalam bentuk pertanyaan, komentar, tanggapan ataupun jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan diskusi selama kuliah berlangsung.
Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti proses perkuliahan sebagaimana yang telah dijadwalkan sebelumnya, wajib memberikan surat keterangan resmi perihal penyebab ketidakhidarannya dalam kegiatan perkuliahan tersebut. Sebaliknya, jika karena sesuatu hal yang sangat penting dosen mata kuliah ini tidak dapat mengisi kuliah, para mahasiswa akan diberitahu sebelumnya dan akan diupayakan penggantian kuliah pada waktu lain.

2.     Tugas dan Kuis
Setiap mahasiswa wajib mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh pengasuh mata kuliah ini. Tugas-tugas ini akan berfungsi untuk mendemonstrasikan penguasaan materi kuliah, melatih kemampuan riset, melatih cara-cara mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber-sumber informasi baru, serta melatih ketajaman dan kejelasan analisa dalam upaya menjawab pertanyaan ataupun persoalan yang dihadapi.
Penugasan yang diberikan bersifat dapat bersifat individual maupun kolektif/kelompok. Disamping penugasan, terdapat sistem penilaian berupa pelaksanaan kuis, yaitu kewajiban mahasiswa untuk menjawab secara tertulis sejumlah pertanyaan yang diajukan dosen. Kuis diberikan secara berkala dengan frekuensi sekali dalam jangka waktu sekitar 3-5 pertemuan.
3.     Ujian Sisipan/Ujian Akhir
Ini adalah sistem penilaian standar yang diterapkan pada hampir setiap mata kuliah. Untuk mendapatkan nilai akhir, mahasiswa wajib mengikuti ujian sisipan (atau mengerjakan tugas pengganti jika tidak ada ujian sisipan) dan ujian akhir (atau mengerjakan tugas pengganti) tepat pada waktu yang sudah dijadwalkan.
Bagi mahasiswa berhalangan ketika waktu ujian dilaksanakan, wajib memberikan pemberitahuan sebelum kegiatan ujian berlangsung selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum ujian, jika tidak, maka ketidakhadiran dalam ujian tidak akan diberikan ujian susulan/tugas penganti. Mahasiswa yang berhak mengikuti ujian adalah mahasiswa yang menyelesaikan administrasi kelembagaan dan memiliki presentase kehadiran tidak kurang dari 70%.

4.     Kriteria Penilaian
Ranking nilai untuk makalah dan ujian adalah sebagai berikut:
Nilai
Rentang Penilaian
Keterangan Nilai
A
80 - 100
Sangat Baik
B
70 - 79.99
Baik
C
60 - 69.99
Cukup
D
50 - 49.99
Kurang
E
0 - 49.99
Sangat Kurang

E.    PERATURAN KELAS
  1. Toleransi waktu bagi keterlambatan adalah 30 menit. Keterlambatan diatas 30 menit tanpa didahului pemberitahuan dari mahasiswa yang bersangkutan, tetap diperbolehkan mengikuti perkuliahan akantetapi tidak dihitung sebagai kehadiran.
  2. Tidak diperkenankan mengikuti UAS apabila persentase kehadiran di kelas tidak mencapai batas minimal, yaitu 70%.
  3. Berpakaian bebas pantas, tidak menggunakan kaos oblong dan sandal jepit.
  4. Tidak merokok dan atau makan di dalam kelas sewaktu perkuliahan berlangsung.
  5. Kecurangan dalam bentuk apapun (mencontek, menjiplak karya, bekerjasama sewaktu ujian/kuis) akan diberikan sanksi berupa diskualifikasi dari ujian/kuis tersebut.

F.     TUGAS
1.     Tugas ada tugas individu dan tugas kelompok. Setiap tugas diketik di dokument dan power point serta dikirimkan ke Email unisba_novi@yahoo.com.
2.     Setiap mahasiswa wajib membaca literatur wajib dari mata kuliah ini serta memperkaya pemahaman atas kajian perilaku organisasi dengan bacaan tambahan maupun menyimak perkembangan keilmuan terkini melalui berbagai media.


G.   MATERI DAN POKOK BAHASAN DALAM KULIAH
Minggu
Topik
Pokok Bahasan
I
Orientasi perkuliahan
a)     Penjelasan Silabus
b)     Aturan perkuliahan
c)     Kontrak belajar
d)     Literatur perkuliahan
e)     Tehnik penilaian.
II
Pengantar dan latar belakang
a)     Pengertian perilaku organisasi
b)     Latar belakang sejarah
III
Pengertian dan unsur organisasi
a)     Pengertian organisasi
b)     Unsur-unsur organisasi
c)     Manusia sebagai faktor organisasi
IV
Teori, bentuk, dan struktur organisasi
a)     Teori-teori tentang organisasi
b)     Bentuk-bentuk organisasi
c)     Struktur organisasi
d)     Bagan organisasi
e)     Macam-macam bagan organisasi
V
Karakteristik dan prilaku manusia
a)     Teori pembentukan kepribadian
b)     Proses pembentukan sikap dan perilaku manusia
c)     Hubungan peranan dan perilaku
VI

Perilaku individu dan kelompok dalam organisasi
a)     Mencoba memahami sifat-sifat manusia
b)     Beberapa hampiran untuk memahami perilaku
c)     Susunan kepribadian
d)     Teori-teori pembentuk kelompok
e)     Bentuk-bentuk kelompok
f)      Dasar-dasar daya tarik antar orang
VII

Persepsi dan komunikasi
a)    Persepsi
b)   Pemilihan persepsi
c)    Organisasi persepsi
d)   Persepsi sosial
e)    Komunikasi
UJIAN TENGAH SEMESTER (MID-TERM)
VIII

Komunikasi dan pembuatan keputusan
a)    Saluran dan proses komunikasi keorganisasian
b)   Komunikasi antar budaya
c)    Pola jaringan komunikasi dan efektifitas
d)   Pembuatan keputusan
IX

Motivasi dalam organisasi
a)     Pengertian motivasi
b)     Teori motivasi dan hierarki kebutuhan
c)     motivasi dan hubungannya dengan perilaku manusia dalam organisasi
d)     Teori kepuasan dan penerapan
e)     Teori proses dan penerapan
f)      Imbalan, hukuman, dan disiplin
g)     Stess dan individu
X
Nilai sikap dan kepuasan kerja
a)     Pentingnya nilai
b)     Sumber sistem nilai
c)     Tipe nilai
d)     Sumber sikap
e)     Sikap dan konsistensi
f)      Mengukur kepuasan kerja
g)     Faktor penentu kepuasan kerja
h)     Kepuasan kerja dan kinerja karyawan
XI
Kepemimpinan dan kekuasaan
a)     Perbedaan manajemen dan leadership
b)     Penemuan-penemuan klasik tentang kepemimpinan
c)     Teori-teori kepemimpinan
d)     Tipologi/gaya kepemimpinan
e)     Kepemimpinan situasional
f)      Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas kepemimpinan
g)     kekuasaan
XII
Budaya dan prilaku
a)    Pengertian budaya
b)   Hubungan budaya dengan perilaku
c)    Budaya organisasi dan kinerja
d)   Teori dan proses organisasi
XIII
Dinamika kelompok dan konflik
a)     Hubungan manusia dengan kelompoknya
b)     Definisi konflik
c)     Jenis konflik
d)     Metode pengelolaan konflik
XIV

Evaluasi prestasi kerja dan pengembangan organisasi
a)     Evaluasi prestasi dan motivasi
b)     Pengembangan perilaku
c)     Pengembangan keterampilan dan sikap
XV
Review akhir perkuliahan dan penutup
a)     Rangkaian alur pembelajaran
b)     Keterkaitan antar sub bahasan dan pokok-pokok pembahasan.
UJIAN AKHIR SEMESTER





No comments: